Sebagai Oeprator Sekolah pastinya sudah paham akan pengelolaan data siswa dalam mengolah dan menata data siswa pada aplikasi DAPODIK atau EMIS.
data siswa adalah data utama pada suati lembaga pendidikan disekolah/madrasah sebagai data untuk pengolahan pengajuan anggatan DANA BOS, Data AKM, data AN dan data keperluan lainya.
saat datang awal tahun pastinya para operator sekolah akan kelelahan salam mengolah menginput data siswa, karena harus mencari siswa berdasarkan NISN, apalagi jika ada siswa pindahan dari sekolah lain yang mana sekolah tersebut tidak dilengkapi dengan Surat Mutasi dari DAPODIK atau EMIS. terkadang siswa tersebutnya pidah dari luar kota, luar Provinsi.
pentingnya mengetahui nomor operator sekolah madrasah adalah untuk memperlacar proses mutasi atau pencarian data siswa agar cepat tervalidasi.
berikut adalah langkah cara untuk mengetahui nomor Operator Se Indonesia
1. silahkan buka web https://sdm.data.kemdikbud.go.id/
2. login ke web tersebut menggunakan akun SSO operator sekolah madrasah
3. silahkan pilih menu tab - Satuan Pendidikan
4. silahkan masukan nomor NPSN sekolah yang mau di cari nama operatornya
5. silahkan klik tombol detail
4. silahkan masukan nomor NPSN sekolah yang mau di cari nama operatornya
5. silahkan klik tombol detail
6. klik tombol tanda seru ijo
7. detali nomor kontak opetarot sudah terlihat
jika sudah ketamu nomor kontak operator silahkan hubungi melalui telpon seluler atau menggunakan aplikasi Whatsap cukup wa.me/6289512******
7. detali nomor kontak opetarot sudah terlihat
jika sudah ketamu nomor kontak operator silahkan hubungi melalui telpon seluler atau menggunakan aplikasi Whatsap cukup wa.me/6289512******
[16/9 10.56] dd kurnia1: saya mempunya data 2 himpunan yang terdiri dari Himpunan A terdiri dari Lembaga Agama, Lembaga Keluarga, Lembaga Ekonomi, Lembaga Pendidikan. dan Himpunan B terdiri dari :
BalasHapus1. Menumbuhkan iman, takwa Danmoralitas.
2. Menggalang solidaritas antarumat dan menciptakan kerukunan antaragama.
3. Menjadi penengah atau mediator dalam konflik dengan pendekatan damai.
4. Membimbing umat dalam hubungan dengan Tuhan (ibadah, doa, ritual).
5. Menjadi tempat anak merasakan cinta, perhatian, dan keamanan emosional.
6. Memenuhi kebutuhan dasar keluarga: sandang (pakaian), pangan (makanan), papan (tempat tinggal).
7. Mengawasi perilaku anggota keluarga agar sesuai norma agama, adat, dan hukum.
8. Memberikan pengetahuan, keterampilan, dan informasi kepada peserta didik.
9. Menanamkan nilai moral, norma sosial, dan etika kehidupan bermasyarakat.
10 .Menggali dan mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan individu.
11. Menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
12. Menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
13. Menggunakan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup."
14. Mengelola aliran uang dan memberikan akses permodalan.
15. Mendukung pembangunan infrastruktur, peningkatan SDM, dan pertumbuhan ekonomi nasional.
buatkan diagram cartesius dengan data input manual Himpunan A otomatis berpasangan dengan Himpunan B jika di ceklist antara himpunan A dan B.
[16/9 10.56] dd kurnia1: bedakan warna yang di pilih dan tampilkan semua fungsi himpunan B pada setiap lembaga himpunan A
[16/9 10.56] dd kurnia1: ganti nama fungsi dengan peran.
serta garis penghubungnya jangan lurus tapi berbentuk siku 90 derajat menyesuaikan dengan arah kotak
[16/9 10.56] dd kurnia1: ubah tukar posis himpunan B menajdi vertikal dan himpunan A Horizontal
[16/9 10.57] dd kurnia1: garis penghubung nya belum berfungsi, aktifkan garis penghubungnya
[16/9 10.57] dd kurnia1: ubah urutan nomor peran di mulai paling bawah angka 1 dan seterusnya
[16/9 10.57] dd kurnia1: biar lebih rapi, untuk judul tulisan himpunan A (lembaga) di turunkan sedikit, biar tidak menumpuk dengan title lembaga