Alur dan Tujuan Pembelajaran SMP Kurikulum Merdeka | Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan perencanaan pembelajaran untuk jangka waktu lebih panjang dalam lingkup satuan pendidikan.
Silabus dapat dikembangkan dengan
menggunakan atau mengadaptasi ATP yang disediakan oleh pemerintah maupun
alur tujuan pembelajaran yang dikembangkan secara mandiri.
Bagaimana
mengembangkan Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) ?
Satuan Pendidikan dapat mengembangkan alur
dan tujuan pembelajaran (ATP) berdasarkan karakteristik satuan, kebutuhan
dan minat anak, kondisi lingkungan sekitar, serta
keterkaitannya dengan capaian pembelajaran (CP), sehingga alur dan tujuan
pembelajaran antar-tiap satuan dapat sangat berbeda.
ATP diturunkan dari Capaian
Pembelajaran (CP) yang merupakan bagian dari elemen-elemen
Capaian Pembelajaran (CP) yang dikembangkan di tiap
semester. Kemendikbudristek sendiri tidak membuat contoh-contoh
untuk menyusun alur pembelajaran, melainkan contoh
tujuan pembelajaran, yang dituliskan dalam buku panduan guru.
Alur pembelajaran dianjurkan bersifat
fleksibel agara dapat diganti dan dimodifikasi sehingga dapat mengakomodir
kebutuhan dan minat anak (berpusat pada anak).
Capaian
Pembelajaran (CP)
Capaian Pembelajaran (CP) merupakan
pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dirangkaikan sebagai satu
kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang
utuh dari suatu mata pelajaran.
Kompetensi adalah rangkaian dari
pengetahuan, keterampilan, disposisi (sikap) tentang ilmu pengetahuan, dan
sikap terhadap proses belajar (dorongan untuk belajar dan motivasi untuk menggali konsep lebih
dalam). Dengan demikian, keterampilan, pengetahuan, dan sikap
tidak seharusnya dipisahkan.
CP kedudukannya di bawah Standar Nasional Pendidikan (SNP), setara dengan KI-KD dalam Kurikulum 2013,
dimana CP disusun perfase sebagai upaya penyederhanaan sehingga
peserta didik dapat memiliki waktu yang memadai dalam menguasai
kompetensi.
Selain itu, penyusunan CP per fase berguna
bagi guru dan satuan pendidikan. Guru dan satuan pendidikan dapat memperoleh
keleluasaan dalam menyesuaikan pembelajaran sehingga selaras dengan kondisi dan
karakteristik peserta didik.
Download
Alur dan Tujuan Pembelajaran SMP Kurikulum Merdeka
Berikut ini contoh Alur dan Tujuan Pembelajaran
SMP kurikulum merdeka, yang bisa jadikan rujukan dan perbandingan sesuai
situasi dan kondisi yang dihadapi :
No |
Mata Pelajaran |
Unduh Disini |
1 |
Bahasa Indonesia |
|
2 |
Bahasa Inggris |
|
3 |
Matematika |
|
4 |
Informatika |
|
5 |
IPA |
|
6 |
IPS |
|
7 |
Pend Agama Hindu &
Budi Pekerti |
|
8 |
Pend Agama Islam &
Budi Pekerti |
|
9 |
Pend Agama Katolik
& Budi Pekerti |
|
10 |
Pend Agama Kristen
& Budi Pekerti |
|
11 |
Pend Agama Khonghucu
& Budi Pekerti |
|
12 |
Pend Kepercayaan
kepada Tuhan YME |
|
13 |
Penjas PJOK |
|
14 |
PPKN |
|
15 |
Seni Musik |
|
16 |
Seni Rupa |
|
17 |
Seni Tari |
|
18 |
Seni Teater |
|
19 |
Bimbingan dan
Konseling |
Demikian Alur dan Tujuan Pembelajaran SMP
Kurikulum Merdeka, yang bisa saya sodorkan yang bersumber dari kemdikbudristek.
Semoga Bermanfaat.
0 komentar:
Posting Komentar